Berbagai kabar kecelakaan yang menelan korban jiwa dalam kegiatan olahraga arung jeram masih membayang dalam benak ketika muncul ajakan menjajal olahraga air yang dicap sebagai "olahraga maut" itu. Bayangan itu makin kuat manakala pemandu arung jeram di Sungai Citarik, Jawa Barat, menyampaikan briefing menjelang pengarungan sungai itu dimulai. Ketika aba - aba "Maju!" diteriakkan si pemandu, nyali terpaksa dikuat - kuatkan untuk mengusir bayangan menyeramkan itu

Napas pun lega sesampai di garis finis. Ternyata olahraga mengarungi jeram - jeram sungai deras di atas perahu karet itu tak seseram yang dibayangkan. Bahkan muncul excitement yang tak terperikan nikmatnya untuk dirasakan. Pemandangan sekitar sungai yang berhulu di kaki Gunung Halimun dan jauh berbeda dengan suasana di kota itu pun menjadi kenikmatan lain. Alhasil, sayang kalau ajakan ikut merasakan sensasi berarung jeram itu ditolak.

Akibat kesalahan elementer
Tak mengherankan kalau kebanyakan orang serta merta menolak ajakan mengikuti kegiatan olahraga raftingevent olahraga yang dipopulerkan di tanah air sejak 1970 - an acap berakhir dengan timbulnya korban jiwa. Citarum Rally yang diselenggarakan kelompok pencinta alam dari Bandung, misalnya, berakhir dengan menelan tujuh korban jiwa, sekaligus! ini.

Sebab, ia sudah telanjur dicap sebagai olahraga "pembawa maut" menyusul berbagai Penyebab peristiwa tragis itu sangat elementer dan naif. Para peserta minim pengetahuan, pengalaman, dan peralatan penunjang. Minimnya pengetahuan tampak pada peserta yang mengikat tubuhnya pada perahu. "Begitu perahu terbalik, mereka tak bisa berbuat apa - apa. Alhasil, seluruh penumpangnya meninggal," ujar Lody Korua, direktur utama PT Lintas Jeram Nusantara, pengelola biro wisata arung jeram, Arus Liar, antara lain untuk Sungai Citarik, Jawa Barat.

Ibarat orang yang baru belajar naik sepeda motor, tiba - tiba langsung ikut balapan, tanpa perlengkapan memadai lagi! "Kalau perlengkapannya memadai, paling - paling yang hancur motor dan perlengkapannya. Tapi ini, helm saja tidak pakai. Ya, wajar dong kalau timbul korban," tambah pria mantan pengarung jeram profesional dari Mapala UI.

Reputasi olahraga arung jeram di tanah air langsung terpuruk dengan adanya peristiwa - peristiwa itu. Perkembangannya pun lalu tersendat - sendat. Berbagai izin perlombaan dipersulit, bahkan sempat dilarang. Ketika pada 1980 - an beberapa kelompok orang mencoba menghidupkan kembali kegiatan olahraga ini, korban masih saja berjatuhan, beruntun lagi!

Penyebabnya sama, soal keterampilan dan peralatan. Atau, kesalahan menyiasati karakter sungai berjeram yang diarungi. Masih belum "kapok" juga, sekitar awal dekade 1990 - an, kata Lody, diselenggarakan Lomba Kali Progo II. Izin dari polisi maupun pemda setempat tak ada, tapi pihak berwenang juga tidak melarang. "Bikin saja, kita pura - pura tidak tahu," demikian kata mereka.

Lomba itu pun pada akhirnya menyisakan cerita tragis tentang meninggalnya empat orang: dua penonton dan dua peserta sewaktu latihan. Penonton yang tewas itu karena ikut - ikutan berarung jeram menggunakan ban dalam mobil! Lembaran hitam masih terus membayangi kegiatan itu.

Sebulan setelah peristiwa di Kali Progo, ekspedisi Sungai Mamberamo - gabungan Kopassus dan sebuah klub pecinta alam - menambah panjang daftar noktah hitam dunia arung jeram dengan meninggalnya tujuh anggota ekspedisi. Dua korban sempat ditemukan mayatnya, lainnya hilang.

Ketinggalan 10 tahun
Dari segi risikonya, arung jeram memang termasuk olahraga high risk. "Namun olahraga ini 'kan sama saja dengan olahraga menantang maut lainnya, semisal terjun payung," kata Lody. Jadi, kalau mau jujur, kesalahan bukan terletak pada olahraganya, tetapi manusianya! Apalagi, Lody mengakui, dunia arung jeram Indonesia sebenarnya terlambat 10 tahun dibandingkan dengan negara lain macam Amerika Serikat, misalnya.

Selama itu tentu sudah banyak diterbitkan buku pintar soal arung jeram. "Tapi mungkin kendala bahasa membuat kita belajar sendiri," ungkap lelaki berusia kepala empat ini. Di AS rafting termasuk olahraga populer, dan bahkan laris dibisniskan.

Di Colorado, misalnya, bisnis di bidang ini termasuk penyumbang terbesar pendapatan negara bagian itu. Bahkan, olahraga air ini sempat menggugah inspirasi sutradara Curtis Hanson untuk menjadikannya sebagai setting background dalam film River Wild yang dibintangi Meryl Streep. "Arung jeram bukan seperti sepeda gunung yang mengikuti trend saja," kata suami Amalia Yunita ini.

Sementara arung jeram di beberapa negeri lain sudah begitu maju dan bahkan menyumbang devisa, di tanah air malah menghasilkan korban. Maka suatu ketika berkumpullah para pecinta dan pelaku arung jeram dari berbagai klub guna membentuk wadah organisasi yang kemudian diberi nama Federasi Arung Jeram Indonesia.

Wadah ini mencoba menyatukan persepsi tentang seluk - beluk olahraga arung jeram di antara mereka. Sebelumnya, menurut Lody, masing - masing klub memiliki pengertian dan persepsinya sendiri. Malah ada yang punya pandangan, penyebab kecelakaan itu gara - gara unsur supranatural. "Kalau ada korban di sungai anu, ada yang bilang, 'Wah, sungainya angker!' Aneh 'kan itu?" cerita Lody sembari menambahkan, hingga saat ini sudah terbentuk delapan pengda ( pengurus daerah ).

Bersamaan dengan itu pada tahun 1992 bisnis arung jeram mulai menapak. Tapi sebenarnya, cikal bakal bisnis arung jeram sudah dimulai oleh Sobek International di penghujung dekade 1980 - an. Ketika itu mereka menggarap jeram Sungai Alas di Aceh. ( Sobek International yang bermarkas di Colorado, AS, terdiri dari sekumpulan rafter profesional yang melanglang buana mencari jeram potensial untuk dibisniskan. Setiap kali menemukan jeram potensial, mereka akan mendidik guide alias pemandu dari daerah sekitar sampai terampil sebelum mereka pergi mencari jeram baru di tempat lain. )

Mulanya, peminat arung jeram kebanyakan para ekspatriat dan wisatawan asing yang sudah mengenal lebih dulu olahraga itu di negeri asalnya. Para ekspatriat inilah yang mendorong Lody mulai membisniskan jeram. "Saya sudah memiliki dua perahu dan teman - teman warga asing di Jakarta itu siap membantu pendanaannya. Mereka juga yang meyakinkan saya, ketika saya pesimistis dengan bisnis ini," cerita Lody, kelahiran Surabaya dan besar di ibukota. Namun lambat laun olahraga arung jeram memancing minat orang kita untuk mencoba.

Kunci selamat, aba - aba pemandu
Arung jeram sebenarnya perpaduan antara olahraga, rekreasi, petualangan, dan pendidikan. Unsur rekreasi terletak pada usaha mengatasi rasa takut. Selain itu, alam sekitar sungai juga menyuguhkan pemandangan yang lain dengan suasana keseharian bagi orang kota; suasana yang bisa menyegarkan pikiran yang sehari - hari sarat dengan rutinitas.

Berbasah - basah ria sambil terpapar sinar matahari merupakan sensasi rekreatif lain yang jarang dialami dalam kehidupan sehari - hari. Peminat arung jeram, apalagi yang baru pertama kali nyebur, rata - rata merasa gamang. Mereka was - was menghadapi kemungkinan terlempar dari perahu. Karena itu pengarung jeram dituntut selalu waspada untuk siap menerima situasi yang tak terduga.

Inilah antara lain sifat kepetualangannya. Unsur pendidikan terletak pada tuntutan kerja sama antarpenumpang perahu. Dalam arung jeram tak dikenal istilah penumpang VIP atau bukan VIP. Semua sama - sama menggunakan helm, memegang dayung, dan menggunakan pelampung. Semua harus tunduk pada aba - aba sang pengemudi alias pemandu yang duduk di belakang karena dialah yang bertanggung jawab atas keselamatan penumpang.

Tak mudah untuk bisa menjadi pemandu arung jeram. Dalam situasi ekstrem, ia dituntut mampu melajukan perahu tanpa bantuan penumpang lain. Arus Liar, misalnya, melatih para pemandu selama dua bulan untuk latihan dasar. Tapi itu pun tergantung kemampuan individu. "Ada yang selama delapan bulan masih menjalani pelatihan," kata anak tunggal Wim Korua dan A.D.R. Rambitan itu.

Selama itu mereka belum boleh membawa penumpang tapi hanya mengapungkan perahu rescue. "Dengan begitu mereka tahu daerah mana saja yang rawan dan bagaimana tindakan penyelamatannya," tambah Lody. Sebagai pemandu, mereka dituntut untuk menularkan ilmunya kepada peserta arung jeram dalam waktu sekitar seperempat jam.

Langkah ini sangat menentukan sukses tidaknya pengarungan nantinya. Kepiawaian pemandu mengurangi rasa takut, menekankan pentingnya kerja sama, dan meminta partisipasi tenaga calon penumpang akan sangat membantunya, terutama ketika melewati jeram berbahaya. Kunci keselamatan dalam berarung jeram hanya satu, ikuti instruksi pemandu.

Aba - aba itu tidak banyak, maju, mundur, kiri, kanan, stop, dan boom. "Maju" atau "mundur" berarti mendayung perahu ke depan atau ke belakang. "Kiri" atau "kanan" artinya hanya penumpang sisi kiri atau sisi kanan perahu yang boleh mendayung. "Stop" memerintahkan seluruh penumpang berhenti mendayung dan dalam posisi siap, yakni dayung ( padle ) dipangku dan ujungnya dipegang dengan telapak tangan.

Sedangkan boom itu aba - aba untuk menyuruh penumpang merunduk karena di depan ada alangan yang mengancam kepala penumpang. Di luar itu, pengetahuan soal perilaku sungai amatlah penting. Apa yang ditulis oleh Raymond Bridge, salah seorang gembong arung jeram dunia, menyuratkan hal itu, "Hal paling penting menyelamatkan nyawa selama rafting adalah mengenali diri sendiri serta memperhatikan sesuatu yang belum diketahui.

Sungai punya berbagai tipu daya ... pelajari hal itu dengan seksama." Dari sebuah buku pintar rafting ada hal yang harus diingat selama berarung jeram, yakni RIDE: ReadIdentify ( mengenal ), Decide ( memutuskan ), Execute ( melaksanakan ). Jadi, selama berjam - jam berarung jeram, setiap penumpang dituntut selalu waspada terhadap jalur pengarungan sambil mengenali medan di sekitarnya.

Pada saat tertentu mereka harus menentukan tindakan sambil melaksanakannya, semisal aba - aba dari kapten ( kapten merupakan istilah yang biasa dipakai dalam arung jeram profesional. Sedangkan dalam wisata arung jeram, kapten disebut pemandu ).

Kejadian di Sungai Unda, Klungkung, Bali, awal 1996 bisa menjadi cermin, betapa petaka di sungai seperti pencuri yang datang tanpa permisi. Dua puluh delapan penumpang dalam enam perahu cerai - berai lantaran air deras tiba - tiba saja datang dari buritan. Tiga wisatawan asing asal Hongkong tewas dan sekurangnya empat wisatawan lainnya cedera. Petaka terjadi lantaran di daerah hulu sungai turun hujan deras. Padahal, cuaca di tempat mereka berarung jeram cukup cerah.

Dari mulut ke mulut
Saat ini sudah banyak perusahaan wisata arung jeram. Namun, menurut Lody, banyak pula yang sudah tinggal nama. Di Jakarta saja ada sekitar lima perusahaan antara lain Arus Liar, BJ's Rafting, dan Cherokee. Mereka menggarap jeram - jeram sungai di Jawa Barat, seperti Sungai Cimandiri, Citarik, dan Cikandang. Sementara di Bali, bisnis jeram yang sudah sejak 1988 ada sekitar sembilan operator dengan daerah operasi Sungai Ayung dan Unda.

Tidak gampang memang membisniskan jeram. Tak bisa pula dipungkiri, arung jeram lebih berisiko dibandingkan dengan olahraga menantang maut lainnya, semisal bungy jumping. Perilaku alam menjadi tantangan yang harus dijinakkan. Untuk itu pengenalan karakter dan jeram sungai menjadi sangat vital dan bisa memakan waktu lama.

Sobek Bina Utama di Bali, misalnya, menghabiskan waktu dua tahun untuk pengenalan dan uji coba sampai akhirnya bisa "menjual" jeram Sungai Ayung ( 27 km utara Denpasar ) kepada wisatawan. Peminat olahraga wisata arung jeram harus merogoh kocek relatif dalam.

Sebagai gambaran, wisata arung jeram di Sungai Citarik, Sukabumi, misalnya, mereka harus membayar Rp 97.000,- per kepala untuk paket setengah hari ( jarak tempuh 11 km ), atau Rp 175.000,- per kepala untuk paket dua hari ( 23 km ). Semua itu paket biaya di akhir pekan atau hari libur, sudah termasuk fasilitas perlengkapan arung jeram, pemandu, makan siang, minuman di perjalanan, transporatsi lokal, asuransi, dan sertifikat.

Mahasiswa mendapat biaya khusus, kecuali hari libur. Satu perahu memuat minimal empat orang di luar pemandu. Perlengkapan yang harus dibawa peserta berupa sandal gunung, T-shirt, celana, kacamata hitam, krim pelindung matahari, dan baju ganti. Awalnya, pangsa pasar arung jeram adalah wisatawan asing. Itu sebabnya arung jeram di Bali sudah sejak lama bisa dijual.

Sedangkan bisnis arung jeram di sungai - sungai di Jawa Barat itu pada saat yang sama belum menjanjikan. Antara lain karena peminat arung jeram, yang sebagian besar warga Jakarta, baru bisa melakukan kegiatannya pada akhir pekan atau hari libur. Namun, setelah pasar atau peminat mulai tumbuh - tidak terbatas warga asing - muncullah BJ's Rafting yang mencoba mengelola bisnis arung jeram di Sungai Citarik setelah melakukan survai selama 1990 - 1993.

Kegiatan arung jeram di sungai itu pun dulunya dilakukan oleh pencinta arung jeram yang sesekali melibatkan warga asing. Begitu pasar semakin tumbuh - lewat promosi dari mulut ke mulut atau brosur yang dibagikan ke berbagai perusahaan di sepanjang Jl. Thamrin dan Jl. Sudirman, Jakarta - bermunculanlah perusahaan wisata arung jeram.

Salah satunya Arus Liar, yang merupakan "sempalan" dari BJ's Rafting. Sebenarnya banyak sungai berjeram di Indonesia yang berpotensi untuk dijual. Di Jawa Tengah, selain Sungai Progo, ada Sungai Serayu yang belum lama ini digunakan sebagai ajang lomba arung jeram. Di Lumajang, Jawa Timur, terdapat Sungai Ireng - ireng dan sudah mulai dilirik investor.
Comments
0 Comments
 
Top