Sungai Ciberang adalah salah satu tujuan wisata alam yang berada di Kabupaten Lebak, Propinsi Banten. Sungai yang memiliki lebar 40-50 m dan kedalaman 1-20 m ini, bersumber dari Pegunungan Halimun Propinsi Banten, dan merupakan sumber kehidupan bagi masyarakat di sekitarnya. Selain sebagai sumber kehidupan, sungai ini juga menjadi tempat wisata dan olah raga arum jeram. Sejak tanggal 1 Desember 2007, Gubernur Banten, Hj. Ratu Atut Chosiyah,SE, meresmikan sungai ini sebagai tempat wisata dan aktifitas olah raga arum jeram.

Sungai Ciberang memiliki nuansa pemandangan alam yang indah. Di tepi sungai ini, terdapat pepohonan yang beraneka ragam, tebing-tebing yang unik, dan berbagai macam bentuk bebatuan. Selain itu, di sekitar sungai juga terdapat area persawahan dan perkebunan yang menghijau. Semua pemandangan itu merupakan daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang mengunjunginya. Di samping keindahan pemandangan alamnya, aliran air Sungai Ciberang yang kencang juga cocok untuk tempat olah raga arum jeram.

Di sungai ini, wisatawan dapat berolah raga arum jeram dengan jarak tempuh sekitar 10 km dalam waktu kurang lebih 2,5 sampai 3 jam perjalanan. Bagi wisatawan yang mempunyai pengalaman olah raga arum jeram, perjalanan dapat dilanjutkan sampai 14-15 km. Selama perjalanan arum jeram, wisatawan juga dapat melihat keindahan pemandangan alam di sepanjang sungai.
Lokasi arum jeram dimulai dari Kampung Muara, Desa Banjar Sari, Kecamatan Lebakgendong, dan berakhir di Kampung Leui Bujal, Kecamatan Cipanas. Keistimewaan arum jeram di Sungai Ciberang adalah bentuk medannya yang bervariasi: tebing-tebing yang menjorok ke sungai, dam-dam yang curam, dan bebatuan yang menghadang. Banyaknya rintangan yang terdapat di sepanjang Sungai Ciberang ini seakan mengundang para wisatawan untuk mencoba olah raga arum jeram.
 
Sungai Ciberang terletak di Desa Cipanas, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Lebak, Propinsi Banten, Indonesia.

Comments
0 Comments
 
Top